Rabu, 25 Januari 2017

Bushi Matsumura

Hi gaes, kali ini kita akan mengangkat sebuah kisah seorang grand master karate yang lahir di Okinawa pada tahun 1809.

Siapa ya gerangan?

Beliau adalah Matsumura Sokon yang  Bagi yang belum tahu siapa dia, dia adalah orang yang memiliki peran dalam mengajarkan beberapa kata dalam karate. Seperti disebagian besar kata pada shorin-ryu, Shotokan, Shito-ryu, Wado-ryu, dll.

Matsumura mendapat gelar dari sang kaisar ryukyu sebagai Bushi (kesatria). Pengertian bushi di okinawa berbeda dengan di pulau utama jepang, bila di pulau utama jepang bushi hanya untuk seorang pendekar samurai namun di okinawa tidak hanya harus ahli dalam seni pedang dan seni beladiri namun juga harus ahli dalam bidang akademik sehingga seorang bushi adalah master dalam pedang dan pena.

Ok, kita lanjut ke kisahnya sebagai berikut, check it out;

Pada masa itu matsumura sokon ingin mengajukan diri sebagai bodyguard sang kaisar dan keluarganya. Sang kaisar akan menyetujuinya hanya denga satu syarat. Apa itu?

Sang calon bushi ini harus mengalahkan seekor banteng dewasa. Kagetlah para menteri dan seluruh penghuni istana akan permintaan kaisar yang mustahil tersebut. Bagaimana tidak, banteng di okinawa terkenal sangat besar dan buas. (hingga saat modern ini di okinawa masih menyelenggarakan "sumo" banteng)

Matsumura dengan gagahnya langsung menyanggupi permintaan sang kaisar tanpa ragu. But how? Sang master karate ini setiap hari datang kekandang sang banteng, pertama ia mengecek apakah kandang cukup kuat menahan banteng bila mengamuk, kedua ia membiarkan sang banteng untuk mengenali bau sang master.

Ketiga ia membuka kipas lipatnya sambil menyiksa sang banteng dengan memukulnya bahkan menusuk hidungnya dengan jarum yang sangat panjang. Tindakan ini ia lakukan setiap hari sampai satu hari sebelum pertarungannya dengan sang banteng.

Sampai hari yang telah ditentukan, disebuah tanah lapang dan disaksikan sang kaisar, keluarga kaisar, para menteri dan segenap penduduk ryukyu. Matsumura sokon maju ketengah arena tanpa rasa gentar sedikitpun.

Kemudian sang banteng dilepaskan, mengamuklah banteng tersebut sambil mencari hal yang dapat ditanduknya. Namun seketika banteng tersebut melihat matsumura sokon ditengah lapangan terdiamlah banteng tersebut.

Dan saat sang master mengeluarkan kipas lipatnya dan membukanya, larilah sang banteng tunggang langgang mengenali siapa yang biasa menyiksanya setiap hari. Melihat kejadian yang menakjubkan itu sang kaisar menobatkan matsumura sokon sebagai bodyguard kerajaan.

Oke gaes, itulah kisah master karate sang bushi matsumura sokon. Hikmah apa yang dapat kita petik dari kisah ini adalah Hendaknya kita selalu mengedepankan otak kita dari pada otot kita dalam menyelesaikan masalah.

Saya akan menutup artikel ini dengan mengutip ucapan dari master cotoku kyan "bila anda tidak pernah menggunakan karate selama hidup anda berarti anda telah mencapai tujuan dari karate".

Salam, osh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar