Selasa, 24 Mei 2016

Tahukah Kamu?

Kawan smartial arts, artikel kali ini berisi fakta mengenai karate yang wajib kamu ketahui. Apa saja ya? check it out

1. Karate berawal pada abad ke 18 di Okinawa, Jepang.

2. Tote yang bermakna tinju tiongkok adalah nama awal dari karate.

3. Karate mendapat pengaruh dari quan fa (seni beladiri tiongkok kuno).

4. Daerah tempat perkembangan karate di Okinawa ada di 3 kota yaitu Shuri, Tomari, dan Naha.

5. Karate memiliki saudara seni beladiri lain yaitu Kobudo yang bermakna jalan seni beladiri kuno. Berbeda dengan karate yang menggunakan tangan kosong, kobudo adalah seni beladiri yang menggunakan senjata.

6. Karate diajarkan secara rahasia pada masa itu, Hal ini dikarenakan terdapat pelarangan untuk membawa senjata dan belajar seni beladiri.

7. Anko Itosu adalah orang yang membawa karate untuk dipelajari secara umum, sehingga beliau dikenal sebagai bapak karate modern.

8. Tidak hanya Gichin Funakoshi yang membawa karate ke pulau utama jepang, tercatat beberapa rekannya sesama orang Okinawa seperti Choki Motobu, Kenwa Mabuni, Chojun Miyagi, dll yang juga memiliki peran yang besar terkait penyebaran karate di jepang.

9. Terdapat perubahan nama kata atau jurus dari nama aslinya yang berbahasa tiongkok menjadi bahasa jepang untuk menghindari anti tiongkok di jepang pada masa itu. Termasuk karakter kanji untuk karate (tangan tiongkok) menjadi karate (tangan kosong).

10. Karate pada awalnya dilarang untuk dipertandingkan. Hal ini mengingat tekniknya yang mematikan dan tujuan awalnya adalah untuk membeladiri.

11. Karate tidak hanya memiliki prinsip: kihon (dasar gerakan), kata (jurus), dan kumite (pertarungan). namun tradisional karate okinawa juga memiliki: torite (kuncian dan penekanan titik lemah), tegumi (bantingan dan pergulatan), tigwa (striking technique), dan kata (jurus).

12. Pada tahun 60an Jepang pernah memberikan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia sebagai harta rampasan perang. Para mahasiswa yang pulang ke Indonesia inilah yang membawa karate di Indonesia, selain itu terdapat juga orang Indonesia yang belajar karate langsung ke jepang maupun orang Jepang yang mengajar di Indonesia.

Perjuangan para beliau itulah yang menjadikan kita mengenal karate dan sebagai kesimpulan pribadi karate beserta ilmu yang dibawa oleh para mahasiswa dari Jepang sudah menjadi hak milik bangsa Indonesia sebagai modal pembangunan dikarenakan terkait program beasiswa rampasan perang oleh pemerintah jepang.

Itulah selusin fakta tentang seni beladiri karate yang wajib kamu ketahui. Nantikan fakta fakta lainnya yang akan menambah wawasan kamu mengenai seni beladiri ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar