Kamis, 27 April 2017

Sakura


Kalian pasti tahu bunga sakura kan?

Yup, bunga nasional jepang yang sangat terkenal di penjuru dunia. Banyak orang pergi ke jepang hanya untuk menikmati mekarnya bunga sakura yang disebut hanami (ohanami). Hanami biasa dilakukan pada saat bunga sakura mekar serentak dan menjadi pemandangan yang begitu indah.

Tapi tahukah kalian, kita tak perlu jauh jauh pergi ke jepang untuk melihat mekarnya bunga sakura. Di kebun raya cibodas terdapat taman bunga sakura juga lho.

Di kebun botani peninggalan Belanda ini,  sakura ternyata bisa berbunga 2 kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus, suatu hal yang sungguh menakjubkan. Bunga ini mekarnya bisa bertahan sekitar 4 hari. Masa yang diperlukan sejak tumbuh kuncup hingga gugur bunga adalah sekitar 1 minggu.

Sungguh menakjubkan bukan? Di tanah perantauannya ia bisa berbunga dua kali dalam setahun sedangkan di negeri iconicnya hanya berbunga setahun sekali.

Hmm... Sambil duduk dibawah pohon sakura yang hanya menyisakan beberapa bunga seolah menantiku sebelum sang waktu menggugurkannya, aku berfilosofi mengenai karate dan seni beladiri impor lainnya ataupun olah raga impor lainnya.

Mencontoh sakura cibodas yang mekarnya melebihi negara iconicnya jepang, setidaknya seni beladiri impor dan lainnya haruslah menjadi lebih baik dari negara asalnya baik itu prestasinya maupun individunya. Sehingga cabang olah raga beladiri impor menjadi sarana mengharumkan nama bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar