Sabtu, 02 Juli 2016

Orang Indonesia Harus Belajar Pencak Silat

Banyak seni beladiri yang terdapat di muka bumi ini, berbagai macam tekniknya, masing masing memiliki filosofi, tumbuh dilokasi dan kebudayaan yang berbeda, serta mendapatkan pengaruh atau mempengaruhi seni beladiri lainnya.

Namun walau seni beladiri banyak jenisnya pada dasarnya adalah sama. Contohnya bila anda ingin mencari kesehatan dengan mempelajari seni beladiri maka semua olah raga seni beladiri manfaatnya akan memberikan kesehatan.

Bila anda ingin belajar beladiri maka semua jenis seni beladiri mengajarkan cara yang efektif untuk membeladiri. Begitu juga dalam melatih mental, semua jenis seni beladiri memiliki nilai nilai filosofis atau etika yang hampir sama.

Kesamaan ini adalah hal yang wajar karena manusia memiliki sepasang tangan dan sepasang kaki, yang mana bila dilatih dapat dijadikan senjata untuk membeladirinya.

Bagi orang Indonesia, pencak silat berbeda dengan seni beladiri lain. Ada satu hal yang tidak dimiliki seni beladiri lain namun hanya dimiliki oleh pencak silat. Apa itu?

I D E N T I T A S

Yup, pencak silat sebagai salah satu identitas orang Indonesia. Bila anda keluar negeri pasti akan ditanya mengenai kebudayaan anda termasuk seni beladirinya yaitu pencak silat.

Sangat beruntung bila anda dapat mengenalkan atau bahkan mengajarkan seni beladiri  yang indah namun mematikan ini, sebab banyak yang tertarik akan seni beladiri ini. Hal ini dapat dilihat dari berdirinya perguruan diluar negeri, seminar yang mendatangkan praktisi dari Indonesia, diajarkannya pencak silat sebagai beladiri militer, dan digunakannya kerambit sebagai senjata oleh US navy seal.

Nah jadi apa yang membuat anda ragu untuk mempelajari pencak silat? Meskipun anda praktisi seni beladiri lain, tidak bisa dikatakan anda cinta seni beladiri bila anda tidak belajar pencak silat atau paling tidak mengenalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar