Selasa, 12 Juli 2016

You’re Never Too Old

Belum lama ini diriku bertemu dengan teman lama. Teman yang dulu pernah berlatih karate bersama sama, namun hanya berlangsung selama setahun saja.

Setelah bertanya kabar, Ia kemudian bertanya apakah aku masih berlatih karate? Tentu saja aku jawab masih. Terucap keinginan teman saya untuk berlatih kembali. Selain bernostalgia tujuan utamanya adalah agar tetap bugar dalam menjalani aktivitasnya sehari hari.

Namun ia beranggapan bahwa diusianya sekarang fisiknya sudah tidak bagus. Mengingat ia sudah meninggalkan olah raga ini cukup lama.

Sedikit saran bagi kawanku dan seluruh kawan smartial arts. Ada pepatah mengatakan "Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun lalu, waktu terbaik kedua adalah saat ini". Hal ini sejalan dengan pendapat Choki Motobu yang menyarankan belajar karate dimulai pada umur 12 tahun namun tidak salah bila berlatih pada umur lebih muda ataupun lebih tua.

Menurut pengalaman ada beberapa hal yang menjadi kendala bagi praktisi yang baru memulai pada usia dewasa terutama ketika melakukan beberapa teknik advance. Namun tahukah anda bila semua gerak motorik kita diatur oleh otak kita.

Bagian otak yang bertanggung jawab terhadap kesulitan melakukan aktivitas fisik yang baru dan kompleks bagi orang dewasa adalah Motor Cortex. Pada dasarnya semakin besar informasi yang diterima oleh otak melalui lintasan eferen maka semakin baik kita mengontrol otot kita.

Sisi positifnya hal ini masih bisa dilatih, berapapun usia anda. Walaupun secara realistis tidak semua teknik advance dapat dikuasai sempurna namun jangan menjadi halangan untuk tidak mempelajarinya. Teknik karate yang sulit dilakukan bukan karena faktor usia anda namun anda membutuhkan porsi latihan yang lebih.

Tidak ada kata terlambat untuk berlatih karate, anda dapat mempelajari semua teknik baik kihon, kata, kumite, torite, tegumi, kobudo. Hanya saja Just don’t expect to be a World Champion from day one. Mengasah teknik yang dipelajari diusia anda hingga menguasainya ibarat menghilangkan dahaga anda dengan meminum air.

So don’t try to fix the past, fix the future.

You’re going to live there for the rest of your life.

Karate is for you.

You’re never too old.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar