Senin, 04 Desember 2017

Kata movement in triplicate


Sahabat smartial arts, ada satu pertanyaan yang bila pertanyaan ini ditanyakan oleh kohai anda sedangkan anda tidak dapat menjawabnya maka sabuk hitam anda patut dipertanyakan. Apakah itu?

"Sempai, kenapa dalam kata terdapat pengulangan gerakan sampai tiga kali?"

Sejenak kita akan berfikir mencari jawaban menghindar atau hanya menjawab "gerakan itu seperti itu adanya sejak dahulu kala".

Well guys, seperti yang pernah dikatakan senseiku bahwa semakin gelap sabukmu maka tanggung jawabmu pun semakin besar, termasuk menjawab semua pertanyaan kohai dengan jelas dan dapat dimengerti.

Nah, back to the topic. Gerakan sama yang diulang sebanyak tiga kali tidak hanya sekedar physical exercise tapi tentunya applicable dalam street fight. Setidaknya ada dua alasan mengapa terdapat tiga kali pengulangan gerakan dikata.

Pertama.
Dalam street fight kita tentunya ingin dua bagian tubuh kita baik kiri maupun kanan sama baiknya bukan? Namun Kira kira hanya 90% dari populasi manusia di bumi ini yang lebih optimal menggunakan bagian kanannya, 9% bagian kirinya, dan 1% keduanya.

Nah, KATA atau jurus yang merupakan sebagai kitab/sylabus/kurikulum yang berisi tentang prinsip pertarungan, teknik beladiri, dll yang terangkum dan diturunkan dari generasi kegenerasi juga memahami konsensus tersebut.

Maka terdapatlah pengulangan tiga kali teknik dalam kata. Hematnya begini: oke kita latihan untuk mengoptimalkan kanan dan kiri namun lebih efektif bila kita dapat memberikan bobot yang lebih untuk mengantisipasi kelompok mayoritas yang menggunakan tangan kanan bukan?

Get it?

Kedua.
Sekecil apapun teknik diKATA pasti aplicable dan hal itu dijabarkan dalam bunkai. Namun sayangnya teknik aplikasian pada kata itu "tersembunyi". Secara kasat mata, orang awam akan melihat sebagian besar teknik dikata sebagai teknik striking.

Namun tidak demikian. Sebagai contoh: pada kata pinan nidan terdapat teknik zenkutsu dachi age-uke atau tangkisan atas yang terulang sebanyak tiga kali. Bila dilihat secara awam teknik ini sekilas adalah menangkis serangan dari atas atau dari depan bagian atas.

But hey.., siapa juga yang menyerang berulang tiga kali tapi mundur dan itupun anda menangkis maju tiga kali? Hmmmm.... Pasti terdapat bunkai tersembunyi disini.

Pada perinsipnya dalam bunkai haruslah brutal dan out of the box. Seperti tangkisan adalah kuncian dan serangan, serta serangan adalah bantingan dan pelumpuhan.

Seperti tiga kali age uke pada pin'an nidan tersebut. Age uke pertama bisa dikatakan tangkisan atas namun yang kedua dan ketiga adalah kuncian, patahan, dan bantingan.

Ok gaes, segitu aja untuk 3 kali pengulangan dalam KATA karate. Untuk lebih jelasnya dan contoh bunkainya dapat kalian tanyakan kepada sensei kalian, bila beliau tidak tahu please clean your locker and move your ass from that dojo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar