Kamis, 18 Februari 2016

10 Perinsip Karate Bagian 4

(Artikel ini merupakan akhir dari artikel 10 Perinsip Karate Bagian 1, 2, dan 3, sebelum membaca bagian ini diharapkan dapat membaca artikel sebelumnya :)

"9. Ukuran berlatih harus sesuai dengan proporsi kekuatan dan kondisi seseorang. Latihan yang dipaksakan dapat merusak tubuh dan batasan ini dapat diketahui dengan melihat wajah dan mata menjadi merah."

Penjelasan: pada poin ini adalah penyeimbang dari poin 8, walaupun kita harus berlatih keras kita harus memperhatikan batasan yang disanggupi tubuh. Untuk tubuh yang lemah latihannya bisa disesuaikan melalui latihan bertahap.

"10. Umumnya karateka berumur panjang dan badannya tetap sehat berkat latihan yang tidak pernah putus. Melatih kekuatan otot dan tulang, dapat meningkatkan organ pencernaan dan mengatur sirkulasi darah. Maka dari itu, jika karate diperkenalkan kedalam kurikulum sejak sekolah dasar, dan dilatih secara ekstensif, kita dapat dengan mudah menghasilkan manusia yang memiliki kemampuan beladiri yang tinggi."

Penjelasan: kita yakin umur adalah rahasia Ilahi, namun kita wajib untuk menjaga kesehatan kita dengan gaya hidup sehat. Olah raga lain dapat menjaga kesehatan kita namun hanya dengan seni beladiri (tidak hanya karate) kita bisa mendapat nilai lebih dibandingkan olah raga lain (seni, perlindungan / membela dari orang yang berniat menyakiti, filosofi, psikologi, pengaplikasian hukum fisika, bersosialisasi, etika, olah raga yang bisa dilakukan dari anak kecil sampai orang yang sudah sepuh bahkan orang yang kemampuan fisiknya kurang maupun cacat fisik).

"Dengan poin poin diatas, saya berkeyakinan jika para mahasiswa di sekolah tinggi keguruan di Okinawa berlatih karate, setelah lulus mereka akan memperkenalkan karate pada masyarakat umum; seperti sekolah dasar. Dengan cara ini, Karate bisa disebarluaskan ke seluruh negeri dan tidak hanya menguntungkan orang-orang pada umumnya, tetapi juga sebagai aset berharga untuk mengabdi menjadi pelindung negeri.

Itosu Anko,

Oktober 1908 (Meiji 41, tahun monyet).”

Penjelasan: yap sudah akhir surat (huft... mengetik di commle) pada intinya Itosu bertujuan mendapatkan izin dari pemerintah Jepang untuk menyebarkan karate tidak hanya bermanfaat bagi praktisinya namun juga untuk membangun negeri dengan cara membangun manusianya menjadi manusia yang tangguh.

NB: surat ini di terjemahkan secara pribadi dari literatur berbahasa inggris pada blog karate by jesse dan penjelasannya adalah penjelasan pribadi dari penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar