Senin, 01 Februari 2016

Mari Bernafas

Manusia dapat hidup beberapa hari tanpa makan dan manusia dapat hidup beberapa hari tanpa minum, namun manusia tidak dapat hidup sepuluh menit saja tanpa bernafas. maka dari itu bernafas memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, seni beladiri karatepun memiliki perhatian yang besar akan hal ini.

Terdapat dua teknik cara bernafas yang pertama pernafasan dada atau pernafasan aktif dan yang kedua pernafasan perut atau pernafasan pasif. Pernafasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk sedangkan pernafasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Keduanya dilatih secara seimbang dan proporsional.

Dalam memperagakan suatu teknik mengatur pernafasan sangat di perlukan, sebagai contoh ketika akan memberikan pukulan kita tarik nafas yang dalam melewati hidung dan menghembuskannya melalui mulut bersamaan saat kita memberikan pukulan. namun saat menghembuskannya tidak mengeluarkannya seratus persen kira kira kita masih punya dua puluh persen dalam tubuh kita, gunanya untuk mengantisipasi gerakan selanjutnya maupun menerima serangan dari lawan.

Dalam peragaan kata pun diperlukan pengaturan nafas yang baik agar setiap eksekusi gerakan mantap atau memiliki kime. Menurut master Mabuni Kenei untuk mengharmoniskan pikiran kita harus mengharmoniskan pernafasan, mungkin ada benarnya sebab ketika kita menghirup oksigen, oksigen tersebut akan terbawa melalui darah keseluruh tubuh termasuk otak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar