Rabu, 03 Februari 2016

Mari Berotot

Apakah anda senang dengan berlari sprint atau dengan berlari maraton? mungkin anda menganggap dua jenis lari tersebut sama karena sama sama berlari. Namun dua jenis lari tersebut memiliki perbedaan yang mendasar terutama yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu terkait dengan penggunaan otot.

Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Umumnya serat otot dibedakan menjadi dua macam yaitu kedutan lambat dan kedutan cepat. kebanyakan orang biasanya memiliki dominasi satu jenis, berdasarkan baik genetika dan tingkat aktivitas.

Serat otot kedutan lambat umumnya terkait dengan durasi panjang, kegiatan intensitas rendah, kegiatan yang menggunakan otot ini seperti lari marathon. Otot ini memberikan stamina yang prima dalam jangka waktu lama atau tidak cepat lelah namun tidak memberikan daya ledak yang kuat.

Serat berkedut cepat biasanya dikaitkan dengan semburan singkat, energi kuat dan cepat lelah. Kegiatan yang menggunakan otot ini seperti lari sprint. Otot ini memberikan daya ledak yang kuat namun memiliki stamina yang kurang.

Lalu dalam Karate menggunakan otot yang mana?
dalam sport karate seperti pertandingan kumite dan kata lebih condong penggunaan serat otot cepat karena jangka waktu dua pertandingan tersebut sangat singkat dalam satu waktu dan mengharuskan kecepatan dan kekuatan gerakan. Namun lain hal dengan pertarungan bebas di jalan yang tidak bisa diprediksi berapa lama berlangsungnya ataupun jumlah lawannya.

Lalu apakah diperlukan bulky muscle Karateka dengan melakukan 100 push up, 100 sit up, 100 squat agar teknik kita efektif dan efisien?
pastinya TIDAK, karena otot adalah salah satu faktor dari beberapa faktor yang menentukan berhasilnya suatu pertarungan.

Namun artikel ini tidak menentang berlatih membesarkan masa otot. We should remember, our old school Karate has Hojo Undo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar