Kamis, 03 Maret 2016

Zenkutsu Dachi Chudan Tsuki

Dalam berlatih karate melatih pukulan dengan kuda kuda zenkutsu dachi adalah gerakan dasar yang patut kita kaji lebih dalam dikarenakan pukulan ini memiliki bentuk yang kokoh dan sangat kuat.

pertama dalam posisi zenkutsu dachi kedua kaki tidaklah sejajar, satu kaki didepan dan lainnya dibelakang, bila ditarik garis kedua kaki tersebut menempati dua buah garis dan tidak sejajar. Hal tersebut berfungsi agar kokoh dan mudah dalam melangkah.

Kaki belakang diluruskan jari kaki mengarah 45 derajat, kaki depan ditekuk jari kaki mengarah lurus sampai jari kaki depan tidak terlihat terhalangi lutut, namun patut diperhatikan untuk lutut haruslah lurus dan tegak hal ini harus diperhatikan agar dikemudian hari tidak terjadi cidera berkepanjangan. tubuh tegak sehingga poros tubuh jatuh lurus antara dua kaki. beban tubuh dibagi dua kaki.

jadikan kuda kuda ini sealami mungkin dalam menopang tubuh, tidak terlalu tinggi seperti beberapa aliran karate dan tidak terlalu rendah seperti beberapa aliran karate lainnya, hal ini dimaksudkan agar dapat bergerak dengan ringan namun kokoh ketika mengeksekusi suatu teknik.

Pukulan mengarah lurus dari hikite kedepan, arah tenaga berasal pertemuan tanah dan telapak kaki belakang, dari kaki belakang yang menjadi sokongan menjalar kesetiap sendi kaki kelutut kemudian menuju kepinggul yang merupakan pusat keseimbangan diteruskan menuju Hara (letaknya diperut namun bukan merujuk kepada organ pencernaan didalam perut) yang merupakan pusat tenaga (biasanya dilatih menggunakan kata Sanchin), lalu menjalar keotot yang besar dibagian punggung yang bernama Latissimus Dorsi (akan ada artikel tersendiri mengenai otot ini), menjalar lagi kepada lengan sampai kepalan hingga berbenturan kepada target.

Menurut penulis teknik dasar pukulan ini sangat kuat dan tidak hanya dipakai dalam seni beladiri karate saja, beberapa seni beladiri yang mengkonsentrasikan kepada kekuatan pukulan menggunakan teknik ini.

Tapi Karate Gaes setiap teknik harap dibawah pengawasan pelatih kalian ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar